Imigrasi Cilacap Periksa Perusahaan Pengguna TKA di Purbalingga -->

Kategori Berita

Imigrasi Cilacap Periksa Perusahaan Pengguna TKA di Purbalingga

Friday 26 August 2022, August 26, 2022



CILACAP - Suara Kita News

Kantor Imigrasi Cilacap menggelar Operasi Gabungan bersama anggota Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) di wilayah Kabupaten Purbalingga pada Jumat (26/08/2022). 

Dari hasil operasi gabungan tersebut diketahui terdapat 10 orang TKA asing yang saat ini bekerja di perusahaan di wilayah Kabupaten Purbalingga.

Operasi gabungan di pimpin oleh Kepala Seksi Intelijen Dan Penindakan Keimigrasian, Mohammad Rio Andrireza. Tim yang terdiri dari Kantor Imigrasi Cilacap, Pemerintah Daerah Purbalingga dan Aparat Penegak Hukum (APH) lainnya seperti Kepolisian, Kodim, Korem, dan Kejaksaan. 

Tim operasi gabungan mendatangi langsung perusahaan pengguna TKA di Purbalingga yaitu PT.Victoria Beauty Industrial yang bergerak di bidang produksi rambut palsu dan mempekerjakan 10 orang TKA berkebangsaan Korea Selatan dan 1 orang TKA kebangsaan Tiongkok yang merupakan pemegang Izin Tinggal Terbatas (ITAS). Tim Imigrasi langsung melakukan pengecekan lapangan dan tidak ditemukan adanya pelanggaran keimigrasian.

Dilanjutkan tim bergeser langsung menuju ke sasaran kedua yaitu kediaman WNA berkebangsaaan Koreea Selatan yang berdiam di  Perumahan Permata Sentosa, Kelurahan Mewek, Kecamatan Mewek, Kabupaten Purbalingga. WNA tersebut pemegang ITAS dan melakukan pernikahan secara sah dengan WNI, setelah dilakukan pemeriksaan lapangan dan tindak ditemukan pelanggaran.

“Kita selalu melaksanakan operasi pengawasan rutin dan juga menghimbau kepada perusahaan pengguna TKA untuk selalu melaporkan keberadaan WNA yang berada di perusahaannya serta tetap mematuhi hukum dan peraturan yang berlaku selama di Indonesia.” jelas Mohammad Rio.

Kepala Kantor Imigrasi Cilacap, Yoga Ananto Putra dalam kesempatannya menyampaikan operasi gabungan adalah salah satu kegiatan Timpora Kabupaten Purbalingga yang merupakan bentuk pembinaan humanis terhadap perusahaan yang mempekerjakan orang asing.

“Melalui operasi gabungan inilah terjalin kerja sama dan koordinasi yang baik antara instansi terkait, perusahaan, serta orang asing yang berada di Kabupaten Purbalingga.” tandasnya. (Supri)

TerPopuler