Kantor Imigrasi Cilacap Gelar Layanan Haji On The Spot Di Purbalingga -->

Kategori Berita

Kantor Imigrasi Cilacap Gelar Layanan Haji On The Spot Di Purbalingga

Friday 17 March 2023, March 17, 2023
PURBALINGGA - Karawang Suara Kita News

 Dalam rangka menyambut Ibadah Haji tahun 2023, Kantor Imigrasi Cilacap menggelar Layanan Paspor Haji On The Spot bagi masyarakat Kabupaten Purbalingga, Jumat (17/3). 

Kegiatan Layanan paspor bagi jamaah haji dilaksanakan di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga. Kegiatan layanan ini merupakan layanan yang khusus di berikan untuk pemohon yang hendak melaksanakan ibadah haji.

Pemerintah Indonesia telah membuka kuota ibadah haji tahun 2023 karena Pemerintah Arab Saudi telah membuka kembali kegiatan ibadah haji yang sebelumnya dibatasi karena pandemi. 

Layanan Haji On The Spot merupakan bentuk dukungan Kantor Imigrasi Cilacap kepada pemerintah atas penyelenggaraan ibadah haji tahun ini, dan merupakan layanan jemput bola demi mempermudah para calon Jemaah Haji sehingga tidak perlu datang ke Kantor Imigrasi untuk mengurus Paspor. 

Selain itu Layanan Paspor Haji On The Spot hanya melayani pembuatan Paspor baru, dan penggantian Paspor karena habis masa berlaku atau halaman penuh. Bagi calon jamaah haji yang ingin melakukan penggantian Paspor karena hilang, rusak, ataupun beda data tetap harus datang ke Kantor Imigrasi untuk dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu melalui proses pemeriksaan terlebih dahulu.

Kepala Kantor Imigrasi Cilacap, Yoga Ananto Putra saat ditemui mengungkapkan bahwa Kantor Imigrasi Cilacap melalui Layanan Haji On The Spot ini mendukung pemerintah dalam penyelenggaraan ibadah haji tahun 2023.

“Kantor Imigrasi Cilacap berkomitmen mendukung pemerintah dalam penyelenggaraan ibadah haji tahun 2023 ini. Sebelumnya Kantor Imigrasi Cilacap telah melayani pembuatan paspor calon jamaah haji di Kabupaten Banyumas serta  Kebumen dan sekarang dilaksanakan di Purbalingga. Melalui Layanan Haji On The Spot, Kantor Imigrasi Cilacap memudahkan pengurusan paspor bagi calon jamaah haji yang ingin pergi ke Tanah Suci. Pemohon calon jamaah haji tidak perlu datang ke Kantor Imigrasi Cilacap untuk mengurus paspor," ujar Yoga. 

Masyarakat Kabupaten Purbalingga sangat mengapresiasi adanya Layanan Paspor Haji On The Spot ini karena sangat memudahkan bagi calon jamaah haji terutama bagi pemohon lanjut usia. 

Siswanto salah satu pemohon paspor dalam Layanan Haji On The Spot. Kabupaten Purbalingga mengaku sangat senang karena mudah dalam mengurus paspor, tidak perlu datang ke Kantor Imigrasi Cilacap namun petugas imigrasi yang datang ke tempat pemohon. 

“Saya hari ini sedang mengurus paspor untuk berangkat ibadah haji melalui Layanan Haji On The Spot. Saya merasa sangat terbantu sekali dengan adanya layanan ini, karena saya tidak perlu jauh-jauh datang ke Kantor Imigrasi Cilacap untuk mengurus paspor sehingga dapat menghemat waktu, tenaga dan biaya yang harus dikeluarkan," ungkap Sis.

Kedepanya Kantor Imigrasi Cilacap berharap dapat meningkatkan pelayanan melalui layanan jemput bola seperti ini sehingga masyarakat akan terbantu dalam mengurus layanan keimigrasian di Kantor Imigrasi Cilacap. Kepuasan masyarakat dalam hal pelayanan publik yang dilaksanakan oleh Kantor Imigrasi Cilacap merupakan bentuk pengabdian yang dilaksanakan oleh Kantor Imigrasi Cilacap  kepada masyarakat. (Supri)

Popular Posts

TerPopuler