Kakanim Cilacap ikuti Opini Kebijakan Implementasi Kebijakan Perlindungan Data Pribadi pada Layanan Keimigrasian. -->

Kategori Berita

Kakanim Cilacap ikuti Opini Kebijakan Implementasi Kebijakan Perlindungan Data Pribadi pada Layanan Keimigrasian.

Tuesday 6 June 2023, June 06, 2023


CILACAP - Suara Kita News.com
Isu terkait perlindungan data pribadi merupakan salah satu isu penting yang menjadi sorotan beberapa waktu belakangan ini. Sejalan dengan isu tersebut, Kepala Kantor Imigras (Kakanim)i Cilacap beserta Pejabat Struktural  mengikuti Zoom Meeting terkait “Implementasi Kebijakan Perlindungan Data Pribadi Pada Layanan Keimigrasian” , Selasa (6/62023).

Bertempat di ruangan masing-masing, Kepala Kantor Yoga Ananto Putra menghimbau kepada seluruh pegawai untuk mengikuti kegiatan zoom meeting tersebut terutama Pejabat Struktural yang bertanggung jawab pada layanan keimigrasian Kantor Imigrasi Cilacap. 

Kegiatan dengan format Focus Group Discussion (FGD) itu diikuti secara virtual oleh seluruh Satuan Kerja Kemenkumham. Kegiatan yang berlangsung secara virtual itu menghadirkan narasumber dari Direktur Sistem dan Teknologi Informasi Keimigrasian Ditjen Imigrasi, Agato P.P. Simamora, Kepala Badan Strategi Kebijakan Hukum dan HAM, Ambeg Paramarta, Kakanwil Kemenkumham Jawa Timur, dan Dosen Fakultas Hukum UNAIR Surabaya. 

Kepala Kantor Imigrasi Cilacap, Yoga Ananto Putra mengungkapkan bahwa keikut sertaan jajaran Imigrasi Cilacap tersebut dalam rangka meningkatkan keamanan data pribadi pada layanan keimigrasian di Kantor Imigrasi Cilacap.

"Kegiatan Zoom Meeting ini sangat penting karena berkaitan dengan perlindungan data pribadi pada layanan kemigrasian. Melalui materi yang disampaikan, kepada seluruh pegawai terutama yang bertugas dalam pelayanan keimigrasian agar bisa memahami bagaimana menjada data-data yang ada pada system keimigrasian agar terlindungi dari ancaman cyber crime, " kata Yoga.

Setelah mengikuti kegiatan ini diharapkan seluruh pegawai memahami bagaimana kebijakan perlindungan data pribadi pada layanan keimigrasian. Hal tersebut berdasarkan pembahasan dalam webinar Opini Kebijakan yang difokuskan pada SOP Penyimpanan Data Pribadi pada layanan keimigrasian, tata Kelola penyimpanan data baik elektronik dan non elektronik, dan efektifitas perlindungan data pribadi pada layanan keimigrasian. (Supri)

TerPopuler