POPULER MONEY 1.921 PPPK Mengundurkan Diri | Operasional Stasiun Kereta Cepat di Karawang Berpotensi Molor -->

Kategori Berita

POPULER MONEY 1.921 PPPK Mengundurkan Diri | Operasional Stasiun Kereta Cepat di Karawang Berpotensi Molor

Tuesday 8 August 2023, August 08, 2023



Karawang, Suara Kita News Com. - 1. 1.921 PPPK Mengundurkan Diri, BKN: Alasan Paling Banyak Berkaitan dengan Penempatan Berdasarkan catatan Badan Kepegawaian Negara (BKN), sebanyak 1.921 peserta seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun 2022 mengundurkan diri.

Peserta seleksi PPPK mengundurkan diri itu terdiri dari 1.117 peserta guru, 542 tenaga kesehatan, dan 262 jabatan fungsional lainnya. Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BKN, Haryomo Dwi Putranto mengatakan, ada beragam para peserta PPPK tersebut memilih untuk mengundurkan diri atau resign. "Yang paling banyak itu berkaitan dengan penempatan. Jadi penempatan khususnya guru dan nakes ini tidak sesuai dengan pilihan formasi," katanya dalam Rapat Koordinasi Penetapan Pengadaan ASN, di Jakarta, pada Kamis (3/8/2023).

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi puncak terjadinya bencana kekeringan El Nino pada Agustus-Oktober 2023 dan akan berlanjut hingga awal 2024. Plt Deputi Bidang Klimatologi BMKG Ardhasena Sopaheluwakan menyebut daerah yang paling parah terdampak El Nino adalah Pulau Sumatera bagian tengah hingga selatan, Riau bagian selatan, Jambi, Lampung, Banten, hingga Jawa Barat. Hal itu menurut dia terjadi lantaran daerah-daerah tersebut mengalami curah hujan yang sangat kecil. "Pulau Sumatera tengah hingga Selatan, Riau bagian Selatan, Jambi, Lampung, Banten, hingga Jawa Barat daerah yang perlu diwaspadai dari bulan Agustus hingga Oktober 2023. Kemudian sebagian besar wilayah Indonesia bagian selatan khatulistiwa prediksinya akan mengalami hujan yang sangat kecil kecuali spot-spot yang memiliki topografis tinggi,” ujar Ardhasena dalam acara Focus Group Discussion Musim Kemarau di Jakarta, Senin (7/8/2023).

Pengoperasian Stasiun Karawang Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) bakal ditunda selama 6 bulan lantaran akses jalan menuju stasiun masih belum rampung dibangun. Padahal per 14 Juni, progres pembangunan stasiunnya sendiri sudah mencapai 93 persen.
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, pembangunan akses stasiun Kereta Cepat Jakarta-Bandung saat ini tengah difokuskan untuk Stasiun Padalarang dan Stasiun Tegalluar di Bandung, Jawa Barat. Hal ini untuk mengebut penyelesaian Kereta Cepat Jakarta-Bandung jelang target peresmian atau operasional terbatas pada 18 Agustus mendatang.

Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan ekonomi Indonesia pada kuartal II-2023 tumbuh sebesar 5,17 persen secara tahunan (year on year/yoy). Angka tersebut lebih tinggi dibanding pertumbuhan pada kuartal I-2023 sebesar 5,03 persen. Deputi Bidang Neraca dan Analisis Statistik BPS Moh Edy Mahmud mengatakan, angka pertumbuhan ekonomi itu didapat dari produk domestik bruto (PDB) atas dasar harga konstan (ADHK) sebesar Rp 3.075,7 triliun dan PDB atas dasar harga berlaku (ADHB) sebesar Rp 5.226,7 triliun. "Di tengah perekonomian global yang melambat dan menurunnya harga komoditas unggulan, pertumbuhan ekonomi Indonesia tumbuh solid 5,17 persen secara yoy," kata dia, dalam konferensi pers, di Gedung BPS, Jakarta, Snein (7/8/2023). Jika dibandingkan dengan kuartal sebelumnya (quarter to quarter/qtq) perekonomian Indonesia tumbuh 3,86 persen pada kuartal II-2023. Angka ini lebih baik dari kuartal pertama yang turun -0,91 persen secara qtq

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono membantah isu jembatan lengkung bentang panjang (longspan) LRT Jabodebek salah desain. Menurutnya, tingkat kelengkungan longspan LRT Jabodebek sudah sesuai dengan kondisi lahan yang tersedia. Pihaknya pun telah mengeluarkan sertifikat dari Komite Keselamatan Jembatan dan Terowongan Jalan (KKJTJ).
Dia juga memastikan, konstruksi longspan LRT Jabodebek yang dibangun di Gatot Subroto-Kuningan, Jakarta ini masih sesuai dengan ketentuan keselamatan transportasi dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub).
(DUN)

TerPopuler