Langkah Persiapan KPU Kabupaten Karawang Dalam menyongsong Pesta Demokrasi -->

Kategori Berita

Langkah Persiapan KPU Kabupaten Karawang Dalam menyongsong Pesta Demokrasi

Wednesday 20 December 2023, December 20, 2023



Suara Kita News.com - Dalam menutup rangkaian rapat evaluasi akhir tahunnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karawang menggelar kegiatan doa bersama dengan seluruh anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kabupaten Karawang. 


Kegiatan tersebut digelar sebagai langkah persiapan KPU Kabupaten Karawang dalam menyongsong pesta demokrasi pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang.


Demikian pernyataan tersebut diungkapkan oleh Ketua KPU Kabupaten Karawang, Mari Fitriana usai kegiatan rapat evaluasi akhir tahunnya yang digelar di salah satu Ballroom restoran ternama di Jalan Interchange Karawang Barat, Kabupaten Karawang pada Kamis (14/12) siang.


Menurutnya, rapat evaluasi akhir tahun ini tidak hanya menjadi momentum refleksi yang digelar secara seremonial belaka saja. Akan tetapi, sambung dia, salah satunya itu sebagai langkah awal pihaknya dalam menuju Pemilu 2024 yang sukses, terlebih bisa berdampak positif juga bagi bangsa dan demokrasi di Kabupaten Karawang.


"Ini semua merupakan bentuk wujud dari komitmen kami bersama dalam mewujudkan Pemilu dapat berjalan dengan transparan, aman, nyaman, damai dan tanpa ekses. Sehingga pesta demokrasi kali ini pun dapat berjalan dengan sangat baik, dan terbebas dari segala potensi konflik," tegasnya.


Dalam kesempatan tersebut, lanjutnya, keberadaan dari para anggota PPS dan PPK se-Kabupaten Karawang merupakan bagian integral dari KPU Kabupaten Karawang yang banyak disoroti menjadi bagian dari tanggung jawab bersama (kolektif).


"Jadi untuk halnya PPS dan PPK ini, tentunya sangat memiliki peran penting dalam mensukseskan pesta demokrasi, terlebih sebagai badan Adhoc juga memiliki peranan besar lainnya dalam menjamin kelancaran proses penyelenggaraan pesta demokrasi mendatang," jelas Mari. 


Mari Fitriana juga menyoroti pentingnya pelayanan yang maksimal kepada setiap warga. Bahkan, hingga H -7 pemungutan suara, PPS dan PPK diinstruksikan untuk tetap bisa melayani hal-hal yang dibutuhkan masyarakat seperti pindah tempat pencoblosan, memberikan informasi kepada masyarakat, dan meminimalkan potensi protes mengenai daftar pemilih. 


"Pemilu adalah sarana integrasi bangsa, yang di mana momentum ini diharapkan bisa untuk menjadi sebuah pemersatu bagi kita semua demi memperkokoh demokrasi bangsa yang lebih berintegritas lagi," ungkapnya. 


Pada rapat evaluasi di penghujung tahun 2023 ini, pihaknya mengingatkan kepada seluruh jajaran anggotanya, akan pentingnya keberadaan dari para petugas penyelenggara Pemilu dalam memberikan pelayanannya dengan sangat maksimal kepada setiap masyarakatnya.


"Diharapkan kepada semua teman-teman anggota PPS maupun PPK, mohon untuk dijaga nama baik kita bersama ini. Kemudian hindari juga hal-hal yang dapat merusak etika kita saat bertugas, sehingga teman-teman PPS dan PPK diharapkan bisa mengelola konflik dengan baik dan bijak sebagai seorang penyelenggara Pemilu," ujarnya berharap. 


Kegiatan, tambahnya, dihadiri  jajaran perwakilan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Karawang, berbagai kalangan dari lembaga masyarakat, hingga perwakilan LO dari para peserta partai politik yang ada di Kabupaten Karawang. 


"Lain dari itu, ada juga dari sejumlah organisasi kemahasiswaan di Karawang yang datang ke acara kami ini. Kemudian untuk teman-teman PPS dan PPK dari setiap dapil, sehingga kegiatan kami kali inipun telah berhasil menghimpun lebih dari 1.200 peserta yang hadir," pungkasnya. (red)

TerPopuler