KKN Tematik UPI Bertema Pencegahan Dan Penanggulangan Dampak Covid 19 Di Bidang Pendidikan Dan Ekonomi -->

Kategori Berita

KKN Tematik UPI Bertema Pencegahan Dan Penanggulangan Dampak Covid 19 Di Bidang Pendidikan Dan Ekonomi

Thursday 26 November 2020, November 26, 2020


PURWAKARTA - Suara Kita News.
Kerja Kuliah Nyata (KKN) Tematik UPI 2020 tahap II di Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Purwakarta dilaksanakan pada tanggal 17 November sampai dengan 17 Desember 2020. Ditengah kondisi pandemic Covid -19, semakin bertambah orang yang terpapar Covid-19.
Pandemic Covid-19 sendiri mulai merebak di Indonesia sejak awal Maret lalu. Pemerintah sudah melakukan berbagai macam upaya dalam pencegahan Covid-19 ini seperti Work From Home, Belajar dari Rumah, Physical Distancing bahkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Hal ini dilakukan untuk memutuskan mata rantai penyebaran virus Corona.
Di Indonesia saat ini sudah mengadaptasi kebiasaan baru atau New Normal. Dengan tetap mentaati protokol kesehatan yang dianjurkan Pemerintah melalui Dinas Kesehatan, walaupun sudah diberlakukan New Normal, masih saja bertambah banyak masyarakat yang terindikasi Covid-19 setiap harinya.

Pada masa Pandemic Covid-19 ini tidak menyurutkan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) untuk tetap meng-Edukasi masyarakat. Pada tahun ini UPI meluncurkan kegiatan KKN yang berbeda dari biasanya, tetapi tetap memberikan wadah pengabdian bagi Mahasiswa berupa KKN Tematik yang dilaksanakan secara daring di daerah tempat tinggal masing-masing secara Individu.

Seperti diketahui, sebelumnya UPI telah melaksanakan KKN tahap I yang bertema "Edukasi Covid-19", pada tahap II ini UPI melaksanakan KKN yang bertema "Pencegahan dan Penanggulangan Dampak Covid-19 di bidang Pendidikan dan Ekonomi.

Sesuai dengan tema yang dicanangkan, Universitas Pendidikan Indonesia memberikan satu program wajib dan menawarkan beberapa program pilihan dalam pelaksanaan KKN Tematik ini, yakni : Program edukasi penanggulangan dampak Covid-19 di bidang pendidikan (program wajib), Program edukasi pencegahan Covid-19 dan Program edukasi penanggulangan dampak Covid-19 di bidang ekonomi sebagai program pilihan. Semua kegiatan dari program tersebut dilaksanakan secara daring.

Dok KKN PPD Covid-19
Pembuatan Video Edukasi daring bagi masyarakat

Dalam program-program tersebut terdapat berbagai macam kegiatan yang dapat dilaksanakan saat KKN oleh Mahasiswa seperti di bidang pendidikan dengan melakukan penguatan pembelajaran daring di salah satu jenjang pendidikan, pendampingan siswa dan orang tua dalam melaksanakan pembelajaran daring sesuai dengan jenjang pendidikan yang dipilih, membuat media pembelajaran, selain itu untuk pencegahan Covid-19 di masyarakat, kita membuat poster atau video tentang edukasi pencegahan Covid-19 serta melakukan berbagai kegiatan dalam program penanggulangan dampak Covid-19 di bidang ekonomi.

Menurut Ibu Jojor Renta Maranatha, M.Pd selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKN Tematik Pencegahan dan Penanggulangan Dampak Covid-19 di Bidang Pendidikan dan Ekonomi di Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Purwakarta mengatakan, dengan adanya KKN Tematik ini dalam upaya pencegahan dan penanggulangan dampak covid-19 terutama di bidang pendidikan sangat berguna sekali bagi mahasiswa karena akan membuat para mahasiswa mampu mempersiapkan diri untuk terjun langsung ke lapangan dan mengetahui bagaimana kondisi sesungguhnya yang terjadi dalam dunia pendidikan.
(Rls/Red)

KAPOLSEK MAJALAYA

KAPOLSEK MAJALAYA

TerPopuler