KPU Adakan Bintik Untuk Pemantauan Pelaksanaan Pilkada -->

Kategori Berita

KPU Adakan Bintik Untuk Pemantauan Pelaksanaan Pilkada

Thursday 19 November 2020, November 19, 2020



KARAWANG - Suara Kita News.
Dalam acara Bimbingan Teknis yang diselenggarakan oleh KPU (Komisi Pemilihan Umum) Kabupaten Karawang, Kamis malam tadi (20/11/20) di Britz Hotel Karawang,296

Ikmal Maulana sebagai Ketua Divisi Sosialisasi Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia, menjelaskan bahwa Bimtek Pemantau Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah) Kabupaten Karawang ini merupakan kegiatan untuk mengawal bersama Pilkada Kabupaten Karawang 2020.



Adapun peserta yang hadir di acara ini selain Ketua KPU Provinsi Jawa Barat Idham Kholik, Ketua Kabupaten Karawang Miftah Faried juga beberapa pihak tim pemantau independen yakni diantaranya, KIPP, DIP, dan Pelita Sayap Putih.


Kembali dijelaskan oleh Ikmal, bahwa acara ini juga dilatar belakangi untuk persamaan persepsi , KPU dan Pemantau memiliki peran yang sama untuk mensukseskan Pilkada tahun ini.


"Para tim pemantau ini dapat menyampaikan semua masukan dan sarannya kepada KPU untuk menyempurnakan setiap tahapan yang dilaksanakan,"tutur Ikmal.


Ikmal juga menyampaikan  3 materi, yang pertama berkaitan dengan peran strategis pemantau dalam pemilihan yang berintegritas, 
mengawal bersama tahapan Pilkada 2020, berdasarkan pengarahan dari komisioner, ketua KPU.
Divisi sosialisasi menyampaikan peran dan fungsi para pemantau secara teknis di lapangan juga tugas dan kewajiban mereka selama proses pemantauan.



"Perbedaannya tim pemantau dengan pengawas (Bawaslu), tim pemantau di luar struktur formal KPU, para pemantau dapat memberikan saran dan kritik kepada KPU, dan Bawaslu, lebih general,"ungkap Ikmal.


Ikmal berharap dengan adanya tim pemantau PILKADA ini dapat mengawal tahapan - demi tahapan pelaksanaan Pilkada, karena menurutnya  KPU menyadari membutuhkan lembaga lain untuk memantau pelaksanaan tahapan Pilkada ini.


"Tentunya kami berharap dengan dilaksanakannya acara ini dapat melahirkan PILKADA yang lebih berintegritas, mengurangi celah - celah kecurangan, hingga melahirkan pemimpin terbaik bagi masyarakat Kabupaten Karawang,"harapnya
(Topik)

TerPopuler