Upaya Pencegahan Dan Pembangunan Ekonomi Melalui Pembuatan Face Shield Dari Daur Ulang Botol Bekas KKN Telematik Covid - 19 -->

Kategori Berita

Upaya Pencegahan Dan Pembangunan Ekonomi Melalui Pembuatan Face Shield Dari Daur Ulang Botol Bekas KKN Telematik Covid - 19

Saturday 28 November 2020, November 28, 2020


KARAWANG - Suara Kita News.
Pada masa ini dunia sedang dilanda wabah covid-19 (coronavirus disease 2019). Salah satu negara yang terpapar covid-19 adalah Indonesia. Indonesia mengkonfirmasi adanya kasus pertama yang terinfeksi covid-19 pada maret 2020. Akibat dari adanya wabah covid-19 hal tersebut membuat berbagai aktivitas menjadi terhambat mulai dari bidang kesehatan, bidang pendidikan, dan bidang ekonomi.

Adanya wabah covid-19 di Indonesia mengakibatkan banyak pekerja yang di PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) dan dirumahkan, dengan adanya hal tersebut mereka harus mencari pekerjaan baru untuk menyambung hidupnya dengan cara yang benar. 
Apa lagi tingkat positif covid-19 yang semakin bertambah mengharuskan kita untuk tetap melakukan protokol kesehatan.

Kegiatan Kuliah Kerja Nyata Tematik Pencegahan dan Penanggulangan Dampak Covid-19 (KKN TEMATIK PPD COVID-19) yang diselenggarakan oleh Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Kampus Daerah Purwakarta dimulai sejak tanggal 17 November 2020 sampai dengan 17 Desember 2020. Tujuan diadakanya kegiatan KKN Tematik Covid-19 ini untuk mensosialisasikan dampak covid-19 dibidang pendidikan dan ekonomi kepada masyarakat.
Salah satu program yang dilakukan oleh Elis Yohana Fazria selaku mahasiswa KKN Tematik PPD Covid-19 yang dilakukan pada hari selasa 24 November 2020 di Desa Prajawinangun Wetan, RT/RW 17/03, Dusun II, Blok. Karang Becek, Kec. Kaliwedi, Kab. Cirebon. Mensosialisasikan pencegahan dan penanggulangan dampak covid-19 dengan membuat face shield menggunakan bahan dasar daur ulang dari botol bekas.

Face shield yang akan dibuat mengutamakan bahan dasar daur ulang botol bekas yang tetap aman dan nyaman untuk dipakai baik untuk anak-anak maupun orang dewasa, model yang dibuat lucu dan menarik dapat sesuai keinginan. Bertujuan sebagai upaya pencegahan penularan angka positif wabah covid-19 dan penanggualangan dampak covid-19 dalam bidang ekonomi pada masyarakat.
“Program yang dilaksanakan dapat membantu masyarakat terkait perilaku yang diterapkan untuk pencegahan penularan wabah covid-19 dan pengembangan ide baru untuk usaha dengan cara membuat face shield berbahan dasar daur ulang yang aman dan dapat dipasarkan”. Ujar Bu Fatma salah satu warga.

Dengan dilaksanakannya kegiatan KKN Tematik PPD Covid-19 ini diharapkan dapat membantu masyarakat untuk pencegahan penularan wabah covid-19 dan peluang usaha baru bagi masyarakat.

Dmn/Elis Yohana Fazria

TerPopuler