Tahun 2020 di Masa Pandemi, PDAM Karawang Justru Cetak Prestasi. -->

Kategori Berita

Tahun 2020 di Masa Pandemi, PDAM Karawang Justru Cetak Prestasi.

Wednesday 30 December 2020, December 30, 2020


KARAWANG - Suara Kita News.
Walaupun di tengah masa Pandemi Covid-19 dimana hampir di seluruh   kota Nasional bahkan dunia, mengalami resesi ekonomi yang begitu tinggi, namun tidak demikian dengan PDAM (Perusahaan Air Minum Daerah) Tirta Tarum Kabupaten Karawang, performance Perusahaan yang dinahkodai oleh Dr (Candidate).,.Ir,.H.M.Sholeh,.MM,. ini, justru mengalami peningkatan yang cukup signifikan, dengan capaian tambahan jumlah pelanggan  hingga 93.300 SR (Sambungan Rumah) di penghujung tahun 2020 ini. Atau bisa dikatakan melebihi capaian target raihan tahun 2020 meskipun di tengah masa pandemi.


Dengan capaian tambahan pelanggan baru sebanyak hampir 9.000 SR dalam periode tahun 2020, diakui oleh M.Sholeh bahwa ini merupakan buah kerja keras dari seluruh jajaran PDAM Tirta Tarum Karawang, yang tidak pernah lelah untuk memberikan pelayanan terbaiknya kepada segenap masyarakat Kabupaten Karawang.

"Bahkan diantaranya 5000 SR merupakan tambahan sambungan rumah MBR perkotaan yang pelayanannya meningkat hingga 25% dari tahun 2019,"ungkapnya.

Untuk bidang operasional, dijelaskan oleh M.Sholeh bahwa PDAM Tirta Tarum telah menunjukan kesungguhan untuk memberikan pelayanan terbaik  melalui penambahan jaringan perpipaan, perbaikan kualitas, berkesinambungan, hingga keterjangkauan layanan bagi masyarakat Karawang.

Hal ini diwujudkan pula dengan pelayanan air bersih yang telah menjangkau wilayah Pasir Putih Cilamaya yang notabennya adalah wilayah pesisir dengan air asin yang selama ini tidak pernah terjangkau air PDAM Karawang.

"Demikian usaha peningkatan efisiensi penagihan, pola konsumsi, pelayanan perbaikan, kebocoran, keluhan, kesehatan perusahaan,  penurunan kebocoran air serta kegiatan lainnya, telah dilaksanakan dengan sungguh - sungguh,"tuturnya.

Masa Pandemi yang mengguncang dunia saat ini, seolah tidak menghalangi PDAM Karawang untuk tetap terus berkreasi dan berinovasi, hal ini dibuktikan oleh M.Sholeh yang merupakan orang nomor 1 di jajaran eksekutif PDAM Kabupaten Karawang, dengan berbagai inovasi dan terobosan yang telah dilaksanakan pada tahun 2020, diantaranya sebagai berikut ;

1.GELARAN (Gelar Pelanggan Teladan) atau Costumer award 2020, yaitu undian berhadiah bagi pelanggan yang secara rutin membayar kewajibannya diawal waktu,

2.BESTO (Bilik Sterilisasi Otomatis) sebagai wujud kepedulian terhadap usaha pencegahan Pandemi Covid-19, meskipun sempat viral dan ada kontroversi di tengah masyarakat, tapi minimal PDAM telah mewujudkan kepeduliannya terhadap pengentasan masa pandemi ini,

3. KUCINTA (Kran Umum Cuci Tangan) sekaligus sebagai aksi mendukung gerakan 3M++ (Mencuci tangan pakai sabun, Menjaga Jarak serta Memakai Masker),

4. BACTERI (Baca Meter Mandiri) diawal masa pandemi, walaupun banyakan hambatan tapi tetap berjalan,

5. SETAMAN (Sehari Khatam Al Qur'an) kegiatan ini sebagai pengisi rutinitas PDAM di Bulan Suci Ramadhan di tengah masa Pandemi (66 kali khatam Al Qur'an secara kolektif),

Diskon 50% bagi pelanggan sosial umum dan diskon 25% bagi pelanggan sosial khusus, serta bebas denda di awal masa pandemi, yang merespon daya beli masyarakat yang sempat menurun,

7. Pembagian disinfektan, handsanitizer dan masker gratis, kepada karyawan, pelanggan dan masyarakat umum, sebagai respon cepat di masa pandemi,

8. Bakti sosial yang disertakan donor darah, bagi warga lingkungan sekitar, khususnya bagi anak yatim/piatu, kaum dhuafa dan masyarakat pada umumnya yang terdampak Covid-19,

9. Program WiFi gratis untuk menunjang Pembelajaran Jaran Jauh (PJJ) bagi pelajar dan mahasiswa sekitar,

10. Program AKB (Ayo Konsisten Bayar) online, untuk menghindari kerumunan dan mempermudah metode pembayaran,

11. HUT PDAM Ke-33 yang berlangsung secara online hingga apel rutin secara online, hingga koordinasi dan berbagai kegiatan secara online pula, adalah bagian dari adaptasi kebiasaan baru,

12. Diklat online, peringatan hari air sedunia dan kegiatan peduli terhadap lingkungan-pun tetap dilakukan serta masih banyak kegiatan lainnya baik inovasi, kreatifitas juga terobosan lainnya.


Bahkan selama masa pandemi, PDAM Tirta Tarum Karawang, telah melaksanakan Diklat (Pendidikan dan Latihan) pelatihan sertifikasi dan kompetensi profesi tingkat muda sebanyak 11 orang serta prajabatan dan kegiatan peningkatan kompetensi dalam berbagai bidang, termasuk kerjasama dengan IUWASH Plus USAID SECO partnersip, Water Org maupun  Perpamsi.


Capaian di atas tersebut selain didukung oleh tim yang solid, handal dan profesional juga didukung oleh perbaikan sistem tekhnologi informasi yang senantiasa mengalami pembaharuan untuk menunjang pelayanan terbaik sesuai dengan motto pelayanan PDAM Tirta Tarum Karawang, BEST (Berikan Service Terbaik). Selain itu M.Sholeh bersama jajarannya berkeyakinan kuat untuk selalu bekerja keras, berbenah menuju PDAM bersih, transparan dan akuntabel berdasarkan kaidah. GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG).


M.Sholeh juga menyadari bahwa capaiannya tersebut dirasanya masih jauh dari kata sempurna, masih banyak kekurangan, masih banyak rintangan, gangguan, cobaan dan tantangan menghadang, namun dengan semangat pantang menyerah yang Ia miliki, bersama jajarannya di PDAM Tirta Tarum Karawang, Ia akan tetap terus berjuang menuju yang terbaik.


"Tantangan perubahan bentuk badan hukum dan Perda penyertaan modal serta kondisi tarif yang masih rendah selama satu windu terakhir, akan menjadi PR (Pekerjaan Rumah) bagi kita semua,"jelasnya.

M Soleh mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Dewas (Dewan Pengawas), Bupati, DPRD Kabupaten Karawang, OPD terkait, maupun masyarakat Karawang pada umumnya.

"Karena tanpa dukungan dari mereka semua, pencapaian tadi yang kami sebutkan tidak akan terlaksana dengan baik,"pungkasnya.

Untuk kedepannya PDAM Tirta Tarum disampaikannya juga, akan menjadikan PDAM sebagai perusahaan besar, dengan target capaian 100.000 SR di tahun 2021, dalam kondisi baik dan sehat.

"Semoga kami PDAM Tirta Tarum Karawang, dapat memenuhi harapan stakeholder terutama masyarakat Kabupaten Karawang,"harap M.Sholeh.
( Taopik )

KAPOLSEK MAJALAYA

KAPOLSEK MAJALAYA

TerPopuler