Black Box Pesawat Sriwijaya Belum Berhasil Diangkat -->

Kategori Berita

Black Box Pesawat Sriwijaya Belum Berhasil Diangkat

Monday 11 January 2021, January 11, 2021


Jakarta, Suara Kita News

     Sampai hari ke tiga Senin sore (11/1) pukul 17.00 WIB, Black Box  atau Kotak Hitam pesawat Sriwijaya Air SJ-182 yang jatuh ke laut di perairan kepulauan Seribu, belum juga berhasil diangkat.

     Yang berhasil diangkat baru turbin pesawat pada pukul 16.00 WIB  dan kepingan-kepingan pesawat serta serpihan tubuh manusia dan  properti-properti lainnya.

     Evakuasi korban penumpang dan pencarian kotak hitam,  mengerahkan 53 kapal  melibatkan 2600 personil dan puluhan tenaga penyelam  yang bekerja mulai pukul 08.00 WIB yang direncanakan berlangsung  selama 24 jam itu, bekerja keras melawan arus laut yang deras.

     Para penyelam andalan dari pasukan Katak Marinir, dari Basarnas, Polair serta penyelam-penyelam sukarelawan  secara bergantian terjun ke dasar laut mencari kotak hitam dan kepingan-kepingan pesawat serta potongan-potongan tubuh manusia.

    Sampai sore hari, kotak hitam yang berisi percakapan antara Pilot dengan petugas di menara pengawas di Bandara Soekarno-Hatta serta percakapan Pilot dan Copilot di kokpit akan memberi petunjuk penyebab terjadinya kecelakaan pesawat tersebut. 

     Maka para petugas berusaha sekuat tenaga menemukan dan mengangkat kotak hitam  tersebut.

      Meski lokasi keberadaan kotak hitam telah diketahui sejak kemarin berkat sinyal yang diterima KRI Ridel dari  kotak hitam tersebut, tapi sampai Senin sore kotak hitam itu belum berhasil diangkat.

     Black Box yang berisi rekaman percakapan pilot dengan petugas menara pengawas dan rekaman percakapan pilot di kokpit sangat penting untuk mengungkap penyebab kejadian yang diduga menewaskan seluruh penumpang dan kru  termasuk Pilot pesawat, Kapten Penerbang Afwan. 

     Kesulitan para penyelam menemukan kotak hitam tersebut adalah akibat tebalnya lumpur di dasar  laut ditambah lagi banyak tebaran puing pesawat yang tajam menutupi kotak hitan yang  harus disingkirkan dulu. (Bb)


KAPOLSEK MAJALAYA

KAPOLSEK MAJALAYA

TerPopuler