Ibe: Warga Miskin Masih Kurang Dapat Perhatian di Kabupaten Karawang -->

Kategori Berita

Ibe: Warga Miskin Masih Kurang Dapat Perhatian di Kabupaten Karawang

Saturday 6 February 2021, February 06, 2021



Karawang-Suara kita News.

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Karawang Asep Syaripudin yang lebih terkenal dengan panggilan H. Ibe mengatakan, pelayanan kesehatan (Yankes) terhadap warga miskin masih kurang mendapat respon dari pihak Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial (Dinkes dan Dinsos) Kabupaten Karawang.

Hal itu dikatakan H Ibe menjawab pertanyaan "Suarakita" menyangkut kasus yang dialami dua warga miskin, Citra dan Udin.

Citra Puspita Dewi, warga miskin dari dusun Babakan Tengah RT 037/RW 06, Desa Karyasari, Kecamatan Rengasdengklok, Kabupaten Karawang, yang minta bantuan dana Karawang Sehat untuk membayar biaya persalinan secara sesar, sebesar Rp 12 Juta, ditolak oleh Dinkes. Citra terpaksa menyerahkan sertifikat tanah/rumah milik saudara kepada pihak rumah sakit sebagai jaminan, agar dia dan bayinya bisa pulang.
Lain lagi kasus yang dialami warga miskin dari dusun Krajan, Udin, warga RT 25/RW 05, Kelurahan Kemiri, Kecamatan Jayakerta, Kabupaten Karawang, Jawa Barat ini.
Udin sebagai pemegang Kartu Indonesia Sehat (KIS) dikatakan sudah meninggal dunia sesuai data yang ada di rumah sakit dan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kabupaten Karawang.
Apa yang dialami dua warga miskin dari Kabupaten karawang itu memang cukup menyakitkan. Citra hanya gara-gara terlambat mengajukan permohoan bantuan, sedangkan Udin yang masih hidup dianggap sudah meninggal dunia.

Kasus ini cukup serius dan Bupati Kabupaten Karawang perlu turun-tangan menyelesaikan kasus akibat keteledoran bawahannya.

Jadi, pantes kalau wakil rakyat H Ibe bereaksi cukup keras mendengar cerita yang dialami dua warganya yang miskin dari Kabupaten Karawang itu.

Menurut H Ibe, dua kasus itu membuktikan, dinas terkait yaitu Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial Kabupaten Karawang masih kurang perhatiannya terhadap pelayanan kesehatan warga miskin. Mungkin banyak kasus lain yang tidak terungkap ke permukaan, ujarnya.

Reaksi keras H Ibe itu juga menyinggung kurangnya perhatian Dinkes dan Dinsos terhadap Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) di Kabupaten Karawang.
Dalam kasus Citra misalnya, pengurusan bantuan dana Karawang Sehat itu, Citra dibantu Sule, petugas dari PSM. Tapi juga tidak direspon up dengan baik oleh Dinkes.
Menurut H Ibe, dalam kondisi pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, pelayanan masyarakat tidak bersentuhan langsung, makanya H. Ibe mengharapkan Dinkes bisa meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat miskin. " " "Dinkes, Dinsos serta BPJS Kesehatan jangan main saling lempar bola, sehingga masyarakat yang jadi korban", ujarnya. (YD)

KAPOLSEK MAJALAYA

KAPOLSEK MAJALAYA

TerPopuler