Enam Bulan Gaji Tidak Dibayar, PT AJS Di Demo. -->

Kategori Berita

Enam Bulan Gaji Tidak Dibayar, PT AJS Di Demo.

Thursday 25 March 2021, March 25, 2021


Karawang - Suara Kita News.
Kabupaten Karawang merupakan salah satu daerah yang memiliki pendapatan daerah cukup tinggi. Banyaknya kawasan industri di daerah ini membuat pendapatan dari pajak usaha barang dan jasa maupun perekonomian hasil konsumsi rumah tangga angkanya tidak kecil.


Sejauh ini perekonomian Kabupaten Karawang ditopang oleh sektor pertanian, perdagangan dan perindustrian. Banyak industri manufaktur yang terdapat di Karawang, di antaranya kawasan industri KIIC, Kawasan Industri Surya Cipta, Kawasan KIM dan sebagainya.

Sayangnya geliat industri di Kabupaten Karawang dianggap tidak berdampak signifikan dalam pengentasan pengangguran di Kabupaten Karawang. Sebab, jumlah angka pengangguran di Karawang tiap tahunnya terus mengalami peningkatan.

Sulitnya mencari pekerjaan di Kabupaten Karawang sangat dirasakan oleh masyarakat Karawang, sampai mau melamar kerja pun harus bayar dengan angka nominal yang tidak kecil.

Bahkan baru baru ini ada demo Karyawan PT. AJS (Anugerah Jaya Sedaya) yang tidak menerima gaji selama 6 bulan dan saat ini sudah tidak bekerja lagi di PT. AJS, mereka mendemo ke kantor Pemda Karawang dan Ke gedung DPRD Karawang untuk menyampaikan aspirasinya.

Agus Sunarya salah satu Karyawan PT.AJS menjelaskan dirinya mulai bekerja di PT AJS pada tanggal 18 November 2020, Agus mengaku dirinya masuk kerja ke PT.AJS dengan membayar sebesar Rp. 5.000.000, Agus menambahkan lokasi PT. AJS awalnya berlokasi digedung Yakesti dekat lampu merah Klari, namun pertanggal 21 Februari 2021 PT. AJS pindah lokasi kekawasan Universal, saya masuk bulan november 2021 namun PT.AJS mulai berproduksi 17 februari 2021, PT. AJS memproduksi kabel,"ujarnya.

Agus menegaskan bahwa semua karyawan yang masuk bekerja di PT.AJS semuanya wajib membayar administrasi dengan nominal yang bervariatif ada yang membayar 4 juta, 5 juta, 8 juta bahkan ada yang membayar Adm sebesar 12jt, pembayaran adm tersebut ada yang melalui yayasan, LPK, calo perorangan dan bahkan ada yang langsung membayar langsung ke Direktur PT.AJS

Agus dan kawan kawannya merasa geram karena dari awal bekerja hingga saat ini belum menerima gaji, selama enam bulan kami belum menerima gaji dari perusahaan, pihak PT.AJS hanya memberikan janji janji saja untuk memberikan kompensasi gaji, namun hingga saat ini kami belum menerima gaji.
Bahkan saat ini PT.AJS sudah tidak beroperasi lagi, pagar pabriknya pun sudah digembok dari luar,"tegasnya.

Ditempat yang sama Sekjen Karang taruna Asep mulyana, mengatakan Karang taruna Kabupaten Karawang akan terus mendampingi rekan rekan dari karyawan PT.AJS, hari ini kami Karang taruna Kabupaten Karawang bersama rekan rekan karyawan PT.AJS hadir memenuhi undangan dari Disnaker, namun hasil rapat dengan Disnaker tidak ada titik temu atau deadlock, sepertinya ada konspirasi PT.AJS dengan oknum pegawai Disnaker, kami hari ini pun akan segera ke Polres Karawang akan membuka laporan ke kepolisan tentang delik pidananya,"ujar Asep Mulyana.

Sementara itu ketua advokat LBH Karang taruna Kabupaten Karawang menyampaikan bahwa pertemuan dengan disnaker ini deadlock tidak ada solusi, saya melihat ada indikasi konspirasi antara oknum di disnaker dengan PT. AJS, kami tidak akan berlarut lama dalam polemik ini, kami akan langsung ke Polres Karawang Karawang untuk laporan delik pidana yang terjadi,"pungkasnya.
( Irfan ).

KAPOLSEK MAJALAYA

KAPOLSEK MAJALAYA

TerPopuler