Pasca Banjir Sejumlah Relawan Berikan Bantuan Pengobatan Gratis Kepada Masyarakat. -->

Kategori Berita

Pasca Banjir Sejumlah Relawan Berikan Bantuan Pengobatan Gratis Kepada Masyarakat.

Sunday 14 March 2021, March 14, 2021



Karawang - Suara Kita News 

Paska banjir yang melanda Desa Kalangligar Kecamatan Telukjambe Barat Kabupaten Karawang menyisakan banyak problematika di tatanan kehidupan masyarakat, mulai dari trauma, penyakit, kerusakan tempat tinggal hingga kehilangan harta benda.

Untuk membantu masyarakat desa Kalangligar dimasa paska banjir, sejumlah relawan dan komunitas yang tergabung dalam Aliansi relawan Cikampek (ARC), Aliansi relawan Karawang (Areka) dan KAMI Karawang mengadakan pengobatan gratis dan trauma healing untuk anak anak korban banjir, minggu (14/3/2021)


Novia Elin  ketua panitia pengobatan gratis dan trauma healing  menuturkan, dalam menanggulangi bencana, banjir bukan hanya ketika banjir tinggi saja, ketika air meluap kita beramai-ramai membantu dengan bantuan logistik, pakaian, uang dan lain-lain. Tapi ketika air surut atau pasca banjir ditinggal begitu saja, ini yang harus di edukasikan kepada para  relawan dan masyarakat bahwa pasca banjir justru banyak menyisakan trauma dan timbul penyakit bagi masyarakat ter dampak banjir. Nah disini lah kita harus berperan dengan mengadakan Trauma Healing dan Pengobatan gratis untuk membantu menanggulangi pasca banjir di beberapa wilayah ter dampak banjir, selain di desa Kalangligar sebelumnya kami melaksanakan pengobatan gratis dan trauma healing di Cilamaya, Cikampek, Pusakanegara dan Pamanukan.

Novia Elin menambahkan paska banjir ini masyarakat banyak yang terserang penyakit, mulai dari gatal-gatal, diare, pusing, pegal-pegal dll. Pengobatan gratis ini menjadi solusi untuk masyarakat ter dampak memeriksakan kesehatannya secara gratis dan mudah sehingga masyarakat yang terserang penyakit bisa terobati, untuk pengobatan gratis ini kami bekerjasama dengan tim medis dari RS Izza Cikampek,"ungkapnya

Selain pengobatan gratis, trauma healing untuk anak anak korban banjir tidak kalah pentingnya karena bencana banjir ini menimbulkan banyak trauma psikologis dikalangan anak-anak menjadi takut ketika hujan turun atau khawatir ketika mendengar suara air.

Trauma healing merupakan upaya mengurangi rasa cemas dan khawatir yang dialami anak-anak setelah bencana banjir.  Kami berharap kegiatan ini tidak hanya berhenti untuk anak-anak, diharapkan akan ada program lanjutan yang ditujukan untuk remaja dan dewasa. Anak-anak terlihat senang dan antusias mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir, tidak lupa acara ini dilakukan dengan protokol kesehatan,"tegas Novia Elin.

Pembagian sembako untuk masyarakat Desa Kalangligar menutup rangkaian kegiatan pengobatan gratis dan trauma healing ARC di desa Kalangligar.

Semoga kegiatan kami ini  diridhai oleh Allah SWT dan bisa menjadi contoh untuk relawan atau komunitas lainnya untuk membantu masyarakat dimasa  paska banjir,"ujarnya.

Ditempat yang sama Sekjen Areka Setiadi Wijayanto mengatakan kegiatan pengobatan gratis dan trauma healing ini dilaksanakan karena minimnya perhatian dari Pemda Karawang terhadap masyarakat yang tertimpa bencana banjir untuk penanganan paska banjir, Kami berharap Pemda Karawang lebih perhatian untuk membantu masyarakat dimasa paska banjir," pungkasnya. ( Irfan )


KAPOLSEK MAJALAYA

KAPOLSEK MAJALAYA

TerPopuler