Menjelang Ramadan Stok Beras Bulog Kabupaten karawang "Aman". bahkan Untuk 16 Bulan Kedepan -->

Kategori Berita

Menjelang Ramadan Stok Beras Bulog Kabupaten karawang "Aman". bahkan Untuk 16 Bulan Kedepan

Friday 9 April 2021, April 09, 2021

 


Karawang – Suara Kita News.

Sekertaris Jenderal Kementan Momon Rusmono mengatakan, Stok beras menjelang bulan Ramadan dalam keadaan aman,bahkan berdasarkan prognosa ketersediaan dan kebutuhan pangan pokok.stok beras hingga di bulan mai 2021 masih aman, diperkirakan hampir mencapai 25 juta ton.

"Neraca beras sampai dengan 2021 masih aman, terutama dengan panen raya.

 

Sementara itu, Direktur Perum Bulog Budi Waseso menjelaskan diperlukan upaya untuk meningkatkan kemampuan dalam menyerap gabah petani menjelang masuknya musim panen raya tahun ini.

"Total perkiraan gabah kering giling seluruh Indonesia pada Maret-April 2021 sebesar 17,3 juta ton. Sedangkan surplus produksi pada Januari-April 2021 diperkirakan 6 juta ton setara beras. Memperhatikan perkiraan produksi Februari 2021 sudah melebihi tingkat kebutuhan GKG bulanan, maka dibutuhkan peningkatan penyerapan gabah dalam negeri sehingga harga gabah tingkat petani tidak anjlok. Ungkapnya.

Menurut  Kepala Kanwil Bulog Divre Jawa Barat Taufan Akib memastikan jika stok beras di Perum Bulog Jabar sangat mencukupi untuk kebutuhan ramadhan dan lebaran.

Dikatakan Taufan saat di Radio PRFM 107.5,"Ketersediaan stok beras di Perum Bulog Jawa Barat ada sekitar 168 ribu ton. Bisa dibilang sangat mencukupi untuk ketersediaan menjelang ramadhan 2021 ini.

 Taufan mengatakan saat ini di Jawa Barat sedang memasuki masa panen. Oleh karenanya dia memastikan jika ketersediaan beras di Jabar dipastikan aman, bahkan dipastikan akan terus bertambah.

Kepala bulog sub Divre Yanto Nurdianto memastikan ketersediaan stock  cadangan beras pemerintah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat  karawang, selama bulan Ramadon 1442 H, bahkan sampai 16 bulan kedepan aman.  

Stok beras bulog karawang 30 ribu ton beras medium, dan 200 ton stok beras premium. Beras medium sesuai rencana penyaluran cukup untuk 16 bulan kedepan. Dan stok beras premium pemasaran umum untuk komersil.

 Selain stok beras, bulog kawang memiliki 160 ton stok gula, 2,3 ton daging segar, dan 50 ton terigu.

Untuk menstabilkan harga pasar, gula dan daging dapat dijual, Ketika masyarakat membutuhkan menjelang Romadan dan   hari raya.” Pangkasnya.

( Red )


KAPOLSEK MAJALAYA

KAPOLSEK MAJALAYA

TerPopuler