Tsunami Landa Maluku Tengah Usai Diguncang Gempa 6,1 Sr -->

Kategori Berita

Tsunami Landa Maluku Tengah Usai Diguncang Gempa 6,1 Sr

Thursday 17 June 2021, June 17, 2021



By: Basril Basir
Editor : Yerrydewa

Jakart-Suara Kita News
     Tsunami dengan ketinggian 0,5 M  melanda Kecamatan Tehoru di Maluku  Tengah Rabu siang (16/6/2021)  menyusul terjadinya gempa bumi berkekuatan (Magnitudo-M)  6,1. Dipastikan tidak ada korban jiwa manusia  akibat tsunami dan gempa yang terjadi siang hari itu, kata Bupati  Maluku Tengah  Tuasikal Abua.
     "Alhamdulullah tidak ada korban jiwa manusia,' kata    Abua kepada Kompas.com Rabu malam.
     Dikatakannya, sampai Rabu malam, dia tidak menerima laporan adanya korban jiwa manusia. " Belum ada laporan, jadi dapat dipastikan tidak ada korban jiwa," tambahnya.
     Kepala Stasiun Geofisika  Bandan Meteorologi dan klimatologi Geofisika (BMKG) Ambon Herlambang Hudha mengatakan, tsunami dengan skala kecil itu  terjadi di Kecamatan  Tehoru beberapa saat setelah gempa. " Cuma berselang sekitar dua menit setelah gempa terjadi tsunami," ujarnya.
     Dikatakan, tsunami terjadi akibat  terjadinya longsoran. " Bukan karena mekanisme gempa yang menyebabkan terjadinya tsunami, tapi adalah akibat longsoran yang terjadi di bawah laut," ujarnya menambahkan.
     Saat ini katanya, dari pemantauan yang dilakukan BMKG, tsunami yang sempat terjadi telah mereda. ' Jadi untuk tsunaminya sudah amanlah," katanya.
     Akibat gempa itu, puluhan rumah penduduk di Kecamatan Tehoru mengakami rusak ringan hingga berat.
     Sejumlah warga yang tinggal di daerah pesisir Tehoru sempat mengungsi  ke tempat yang lebih tinggi setelah menerima himbauan untuk mengungsi.(**)

KAPOLSEK MAJALAYA

KAPOLSEK MAJALAYA

TerPopuler