FORKODA JABAR FOKUS PADA PEMEKARAN KABUPATEN/KOTA -->

Kategori Berita

FORKODA JABAR FOKUS PADA PEMEKARAN KABUPATEN/KOTA

Thursday 30 September 2021, September 30, 2021


By : Red

Editor : Yerrydewa

Karawang - Suara Kita News

 Ditemui di rumahnya di Cikampek, Kamis malam 30 September 2021, Jajat Munajat Sekretaris Forkoda PP DOB ( Forum Kordinasi Daerah Percepatan Pembentukan Daerah Otonomi Baru ) Provinsi Jawa Barat, organisasi para pegiat pemekaran daerah se Jawa Barat, mengungkapkan pendapatnya tentang  Deklarasi Pembentukan Provinsi Cirebon Raya yang dilaksanakan beberapa elemen masyarakat di Cirebon beberapa hari lalu.

Jajat mengatakan, esensi  pemekaran daerah adalah untuk percepatan pemerataan kesejahteraan dan peningkatan pelayanan publik.

Masalah urgen Jawa Barat adalah kesenjangan rasio Kabupaten/Kota dengan jumlah penduduk. Jabar memiliki rasio 1 : 2 juta artinya rata-rata Kabupaten/Kota jabar mengelola 2 juta penduduk. Bandingkan dengan Jateng dan Jatim rasionya 1 : 1 juta. Besarnya penduduk Kabupaten/Kota  berpengaruh pada kualitas pelayanan publik dan pengelolaan pemerintahan serta penyerapan anggaran. Oleh karena itu kebutuhan mendesak Jabar adalah pemekaran Kabupaten bukan pemekaran Provinsi.

Pemerintah provinsi merupakan perwakilan Pemerintah pusat, jadi ukuran efektifitas Provinsi adalah konektifitas wilayah dan rentang kendali. Dengan infrastruktur yang tersedia di Jawa Barat hal tersebut bukan merupakan kendala. Kecuali mungkin untuk wilayah di luar pulau jawa atau daerah Kepulauan diperlukan pemekaran provinsi. Jadi menurut kami saat ini di Jawa Barat belum dibutuhkan pemekaran provinsi, ya kalau aspirasi atau wacana itu sah sah saja, ungkapnya.

Hal urgen lainnya, lanjut Jajat, adalah pemekaran desa. Banyak desa desa gemuk yang memiliki jumlah penduduk lebih dari 8 ribu dan perlu dilakukan pemekaran atau pembentukan desa desa baru, kami mendorong Pemerintah daerah untuk melakukan pemekaran desa.

Kita, Forkoda Jabar akan fokus pada pemekaran Kabupaten/Kota, bagaimana mengawal Calon Daerah yang sudah diusulkan Pemprov ke pusat supaya cepat terealisasi dan bagaimana caranya agar aspirasi pemekaran daerah yang sedang diperjuangkan temen temen cepat dusetujui Bupati dan DPRD agar dapat diusulkan ke Pemerintah pusat oleh Gubernur, demikian Jajat menutup wawancara.


KAPOLSEK MAJALAYA

KAPOLSEK MAJALAYA

TerPopuler