SUNGGUH IRONIS Wakil Ketua DPR Aziz Syamsuddin Aktif Bantu Para Pelaku Korupsi -->

Kategori Berita

SUNGGUH IRONIS Wakil Ketua DPR Aziz Syamsuddin Aktif Bantu Para Pelaku Korupsi

Sunday 26 December 2021, December 26, 2021



By : Basril Basir

Editor : Yerrydewa.

Jakarta - Suara Kita News.

 Sungguh ironis, apa yang terungkap dalam sidang perkara korupsi dengan terdakwa mantan  Wakil Ketua DPR-RI Aziz Syamsuddin. Wakil Ketua DPR-RI itu ternyata aktif membantu para pelaku tindak pidana korupsi.

    Seharusnya, Aziz Syamsuddin selaku anggota Dewan bahkan menjabat sebagai Wakil Jetus DPR-RI,  dia punya tugas  pengawasan. Aziz wajib mencegah terjadinya pelanggaran di pemerintahan, terlebih lagi terhadap penyelewengan penggunaan anggaran negara oleh pihak  eksekutif atau pihak-pihak lainnya.

     Tapi ternyata, dengan kapasitasnya selaku Wakil Ketua DPR- RI  itu,  Aziz malah bertindak sebaliknya. Membantu orang melakukan tindak pidana korupsi.

     Tidak hanya sampai di situ, dia juga melakukan tindak tidak terpuji seperti menyuap penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Ajun Komisaris Polisi (AKP) Stepanus Robin pattuju ( SRP) dan seorang advokad Maskur Husain, sehingga Aziz masuk jala hukum KPK.

     Adalah mantan Bupati Kutai Kartanegara Rita Widyasari yang mengungkap keterlibatan   Aziz membantu para pelaku tindak pidana korupsi, ketika dia tampil sebagai saksi  dalam perkara terdakwa  Aziz Syamsuddin di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor)  Jakarta di Jalan Bungur Besar, Jakarta Pusat  Kamis(23/12/2021) lalu.

     Saksi Rita( terpidana 10 tahun) dalam kesaksiannya sebagaimana dikutip Antara, terdakwa Aziz  minta agar Rita berbohong tentang uang suap Rp 8 miliar bukan dari Aziz.

     Tidak hanya itu, Rita juga diperintah Aziz agar tidak melibatkannya dalam penanganan kasus  suap di Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah yang sedang ditangani KPK.

     Peran Aziz  dalam perkara korupsi ini cukup penting. Azizlah yang memperkenalkan  Rita dengan penyidik KPK AKP Stepanus Robin Pattuju, karena Rita bermaksud mengajukan Peninjauan Kembali (PK)  atas perkara korupsi yang membuatnya jadi terpidana.

    Dikatakan Rita, SRP datang ke LP wanita di Tangerang, saat itulah Rita  diperkenalkan terdakwa Aziz  dengan SRP, seorang  penyidik KPK.

    Rita mengaku tidak bisa berbohong mengikuti perintah  Aziz yang meminta jangan bilang kalau Azizlah yang mengenalkan  Rita dengan Robin.

     Menurut jaksa KPK Lie Putra  pada sidang sebelumnya,  Agus Syamsuddin memberikan uang secara bertahap yang seluruhnya berjumlah Rp 3.099.887.000 dan USD 36 ribu kepada Stepanus  Robin Pattuju  untuk membantu agar kasus yang melibatkannya  dan Aliza Gunado tidak naik ke tingkat penyidikan oleh KPK.

     Dalam perkara korupsi yang ditangani KPK, tidak hanya kasus korupsi  Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun 2017 Lampung Tengah saja  yang melibatkan Aziz.

     Dalam kasus jual-beli jabatan di Pemerintah Kota Tanjungbalai, Sumatera Utara (Sumut)  Aziz juga ikut berperan memperkenalkan penyidik KPK AKP SRP dan Advokad Maskur Husain dengan Walikota Tanjungbalai M Syahrial.

     Tindakan Aziz membantu para pelaku tindak pidana korupsi itu, sungguh merupakan suatu pengkhianatan terhadap bangsa dan negara, yang sedang gencar- gencarnya memberantas korupsi.

    Dengan kapasitasnya  sebagai anggota dan Wakil Ketua DPR-RI, Aziz  seharusnya mendukung  kebijakan pemerintah memberantas tindak pidana korupsi. Bukan sebaliknya membantu para koruptor.(**)



KAPOLSEK MAJALAYA

KAPOLSEK MAJALAYA

TerPopuler