GMPI Dan NKRI Gelar Lomba Jaipong Dalam Memeriahkan HUT Karawang -->

Kategori Berita

GMPI Dan NKRI Gelar Lomba Jaipong Dalam Memeriahkan HUT Karawang

Saturday 17 September 2022, September 17, 2022


Karawang - Suara Kita News

Kabupaten Karawang Rayakan HUT ke 389. Berbagai macam acara digelar. Dalam memeriahkan HUT Karawang LSM GMPI dan LSM NKRI berkerjasama Pemkab Karawang adakan acara lomba kesenian khas Sunda Jaipongan. Sekdak Karawang H Acep Jamhuri membuka acara perlombaan seni Jaipong.

Saat di wawancarai awak media, H Acep Jamhuri mengatakan, Jaipongan adalah sebuah jenis tari pergaulan tradisional masyarakat Sunda yang berasal dari wilayah Karawang dan sangat populer di Indonesia. Guna melestarikan seni budaya Karawang, perlu diadakan even atau perlombaan perlambaan agar seni tradisional Karawang tidak punah.


Sekda Karawang menceritakan tentangTari Jaipongan lahir dari kreativitas seorang seniman bernama H. Suanda sekitar tahun 1976 di Karawang. Tarian ini adalah karya seni yang diciptakan dengan menggabungkan berbagai elemen seni tradisional Karawang seperti wayang golek, pencak silat, ketuk tilu dan sebagainya.

Di sisi lain panitia lomba Akrab di panggil mister Kim GMPI mengatakan, acara di gelar dalam rangka memeriahkan HUT Kabupaten Karawang Ke 389, Demi melestarikan budaya tradisional kami menggelar perlombaan Jaipong. Dimana kesenian Jaipong merupakan budaya tradisional Karawang.
Mister Kim menambahkan, peserta lomba bukan hanya berasal dari Karawang, tapi dari luar daerah seperti Bandung, Sukabumi, Bogor, turut serta dalam perlombaan ini.

Mister Kim (GMPI) menegaskan, acara ini akan terus digelar agar kesenian budaya Karawang Tidak hilang. Dan dari generasi ke generasi budaya seni Jaipong tetap melekat di masyarakat Sunda khususnya masyarakat Karawang. "Pangkasnya. ( Red/Arini)

TerPopuler