Imigrasi Cilacap Jalin Sinergitas Dengan Lembaga Pendidikan UMP -->

Kategori Berita

Imigrasi Cilacap Jalin Sinergitas Dengan Lembaga Pendidikan UMP

Sunday 16 April 2023, April 16, 2023



BANYUMAS – Suara Kita News

 Dalam rangka sinergitas antar lembaga, Kantor Imigrasi Cilacap menjalin kerjasama dengan Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP). Penandatangan Nota Kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) dilakukan oleh Kepala Kantor Imigrasi Cilacap, Yoga Ananto Putra dan Rektor UMP Jebul Suroso yang berlangsung di Gedung Kemahasiswaan UMP pada Jumat, (14/4/2023).

Hadir dalam acara tersebut dari Imigrasi Cilacap yaitu Frans Parlindungan Simarmata (Kasi Lalu Lintas Keimigrasian), Dinnu Insan Wardiansyah (Kasubsi Izin Tinggal Keimigrasian), dan Masagus Mochamad Johans (Kasubsi Status Keimigrasian). Dari Universitas Muhammadiyah Purwokerto turut hadir juga Dekan Fakultas Hukum, Soediro beserta jajaran nya.

Nota Kesepahaman (MoU) ini bertujuan untuk mensinergikan potensi sumber daya yang dimiliki dalam meningkatkan kualitas pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi sesuai tugas dan fungsi para pihak. Bentuk kerja sama mencakup semua aspek Tri Dharma Perguruan Tinggi yang meliputi pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat serta pelayananan masyarakat.

Kedatangan Tim dari Kantor Imigrasi Cilacap disambut baik oleh Rektor UMP, Jebul Suroso. Sebelum melakukan penandatanganan MoU antara kedua instansi, Kepala Kantor Imigrasi Cilacap beserta jajaran diajak untuk mengikuti pembukaan festival makanan internasional yang diadakan oleh UMP dimana pesertanya merupakan mahasiswa asing di UMP yang berasal dari berbagai Negara.Setelah mengikuti pembukaan festival makanan internasional, Kepala Kantor Imigrasi Cilacap diajak menuju Gedung Kemahasiswaan UMP guna melakukan penandatanganan MoU. 

Penandatanganan MoU antara Imigrasi Cilacap dengan UMP ini merupakan bentuk legalitas kerjasama antar lembaga agar bisa memberikan manfaat bagi kedua belah pihak. Selain MoU dengan Rektor UMP, Imigrasi Cilacap juga melakukan MoU khusus dengan Fakultas Hukum UMP. Kerjasama Imigrasi Cilacap dengan Fakultas Hukum UMP diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masing-masing pihak yang sama-sama bergerak dibidang hukum.  

Rektor UMP, Jebul Suroso mengaku senang atas penerimaan tawaran kerjasama tersebut dan menjelaskan kerjasama yang telah terjalin dengan mitra lembaga nasional ini bisa bermanfaat bagi UMP maupun Kantor Imigrasi Cilacap. Oleh karenanya, kerja sama antar lembaga mana pun itu sangat penting dalam hal pendidikan. 

“MoU ini merupakan hal penting bagi kami khususnya UMP dikarenakan sebagian dari mahasiswa kami berasal dari luar negeri, selain itu adanya mata kuliah berkaitan dengan Praktik Kerja Lapangan diharapkan nanti mahasiswa dari UMP bisa diterima denngan baik ketika magang di Kantor Imigrasi Cilacap,"ujar Jebul.

Kepala Kantor Imigrasi Cilacap, Yoga Ananto Putra menyebutkan MoU ini sebagai komitmen pelayanan keimigrasian terhadap masyarakat sekitar wilayah Banyumas dan sekitarnya. Beliau pun menyatakan bahwa bekerja sama dengan UMP untuk mengawal implementasi jaminan kemudahan keimigrasian terhadap mahasiswa asing yang sedang menempuh pendidikan di UMP.

“Imigrasi Cilacap siap bekerjasama dengan UMP untuk melakukan kajian terkait implementasi jaminan kemudahan keimigrasian terhadap mahasiswa asing yang sedang menempuh pendidikan di UMP ini. Sehingga kedepanya diharapkan dengan adanya kerjasama ini mahasiswa asing yang ingin mengurus dokumen keimigrasian di Kantor Imigrasi Cilacap menjadi lebih mudah dan  pengawasan yang dilakukan Kantor Imigrasi Cilacap terhadap mahasiswa asing pun akan lebih mudah. Selain itu, Imigrasi Cilacap juga siap menerima mahasiswa magang dari UMP untuk bisa menerapkan ilmu yang di dapat dari kampus di Imigrasi Cilacap,” kata Yoga.

Setelah dilaksanakanya kerjasama ini diharapkan kedepanya Kantor Imigrasi Cilacap dan UMP dapat bersinergi dengan baik sehingga akan tercipta hubungan yang harmonis antar kedua lembaga. Selain itu, dampak positif dari kerjasama ini diharapkan dapat memberi manfaat dalam bidang hukum keimigrasian terutama di Wilayah Banyumas yang merupakan bagian dari Wilayah Kerja Kantor Imigrasi Cilacap. (Supri)


TerPopuler