Pengamanan Besar Dimulai, Polres Karawang Laksanakan Gelar Pasukan Ops Ketupat Lodaya 2023 -->

Kategori Berita

Pengamanan Besar Dimulai, Polres Karawang Laksanakan Gelar Pasukan Ops Ketupat Lodaya 2023

Monday 17 April 2023, April 17, 2023

Karawang - Suara Kita News

Polres Karawang Polda Jabar - Kapolres Karawang AKBP Wirdhanto G Hadicaksono pimpin pelaksanaan apel Gelar Pasukan Operasi Terpusat Ketupat Lodaya-2023. dilapang Karangpawitan Kab Karawang. Senin (17/4/2023).

Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Karawang dr Cellica Nurachadian, Dandim 0604 Karawang Letkol Kav Makhdum Habiburohman, S. Sos. Ka Dishub Karawang Sdr. Arif. Ketua MUI Karawang dr. K. H Tajudi Nur M.AG. Para Kabag Polres Karawang. Para Kapolsek Polres Karawang. Para tamu undangan.

Apel diikuti oleh 1 Regu Polisi Militer Karawang. 1 Regu Kodim 0604 Karawang. 1 Regu Dalmas Polres Karawang. 1 Regu Sat Lantas Polres Karawang. 1 Regu gabungan fungsi. 1 Regu Dishub Kab. Karawang. 1 Regu Damkar Karawang. 1 Regu Citra Bhayangkara. 1 Regu Orari Karawang. 1 Regu PMI Karawang. 1 Regu Pramuka Karawang.

Dalam kesempatan tersebut, kapolres menyampaikan amanat Kapolri terkait Pengamanan mudik dan perayaan hari raya idul Fitri 1444 H.

"Seperti yang kita ketahui bahwa kerja keras bersama pada pengamanan mudik lebaran tahun lalu mendapatkan apresiasi dari masyarakat berdasarkan survei indikator periode 5 sampai dengan 10 Mei 2022 terdapat 73,8% masyarakat merasa puas atas kinerja pemerintah dalam penyelenggaraan dan penanganan arus mudik Tahun 2022

Sehingga Penilaian positif tersebut harus menjadi pemacu semangat sehingga pengamanan mudik tahun 2023 mampu dilaksanakan dengan baik terlebih lagi kementerian perhubungan RI memperkirakan potensi pergerakan masyarakat akan mengalami peningkatan dari 85,5 juta orang pada Tahun 2022 menjadi 123,8 juta orang pada tahun 2023 atau meningkat 44,8%. paparnya.

Selanjutnya Berkaitan dengan hal Presiden Joko Widodo menekankan bahwa hati-hati tahun ini ada lompatan besar masyarakat yang mudik dari 86 juta ke 123 juta dari survei artinya ada kenaikan kurang lebih 45% ini harus dihitung dan dikakulasi dengan baik oleh sebab itu Polri bersama stakeholder terkait berkomitmen untuk melaksanakan pengamanan secara lebih optimal melalui operasi terpusat dengan sandi ketupat Lodaya 2023 selama 14 hari sejak tanggal 18 April sampai dengan 1 Mei 2023.

Operasi ini telah diawali dengan kegiatan rutin yang ditingkatkan tanggal 10 sampai dengan 16 April 2023 dan akan dilanjutkan pasca operasi tanggal 2 sampai dengan 9 Mei 2023 operasi ketupat 2023 melibatkan 148.000 261 personil gabungan yang terdiri dari TNI Polri kementerian terkait BNPB BMKG Basarnas Pertamina jasa Raharja jasa marga satpol PP Dinas perhubungan Dinas kesehatan pramuka.

Personil tersebut nantinya akan menempati 2.787 pos dengan rincian 1857 pos pengamanan yang berfungsi untuk pusat informasi pengaturan dan rekayasa arus lalu lintas serta memastikan keamanan maupun ketertiban pada objek wisata pusat perbelanjaan dan pusat keramaian lainnya 713 pos pelayanan yang berfungsi untuk tempat istirahat pengemudi manajemen rest area pelayanan kesehatan pemberian takjil gratis dan berbagai layanan lainnya dan 217 pos terpadu yang berfungsi untuk pusat kodal operasi secara terintegrasi bersama stakeholder terkait dan dilengkapi dengan komen center terpadu untuk memastikan operasi berjalan dengan optimal.

Disampaikan Polri akan membagi 5 wilayah pengendalian utama di pulau Sumatera Jawa dan pengendalian secara kewilayahan di Polda lainnya dengan menjadikan NTMC Polri sebagai posko operasi terpusat.

Dengan Operasional angkutan barang terdapat klasifikasi anggota yang masih diizinkan beroperasi seperti kendaraan pengangkut BBM hantaran uang hewan ternak pupuk.

Kemudian, kita menerapkan kontraflow dari KM 47 Karawang barat sampai dengan KM 72 Cikampek serta dilanjutkan one way dari KM 72 Cikampek sampai dengan KM 414 gerbang tol kalikangkung saat arus mudik Dan dari arah sebaliknya saat arus balik dengan waktu persiapan maupun normalisasi arus selama maksimal 2 jam 9. Melakukan manajemen rest area patroli sterilisasi bahu jalan dan menyiarkan tim kontingensi dengan sarpras pendukung seperti mobil derek ambulans damkar serta SPBU mobile khusus jalur arteri. tutur Kapolres.

Terkait penyeberangan laut pada tahun lalu terjadi kepadatan pada jalur menuju pelabuhan karena terdapat 44% masyarakat mengandalkan tiket go show oleh sebab itu pastikan pelaksanaan pengkategorian jenis kendaraan penumpang baik kendaraan R2 R4 plus maupun truk sesuai dengan pelabuhan yang telah ditentukan.


Sebelumnya Kepolisian telah melaksanakan pemusnahan 280.662 buah petasan berbagai macam jenis, sebagai langkah antisipasi gangguan keamanan dan ketertiban selama Bulan Ramdhan hingga jelang Perayaan Idul Fitri. tutup Kapolres.

Terakhir dalam apel tersebut Bupati Karawang dr Cellica Nurachadian memberikan apresiasi dan  ucapan terima kasih kepada Polri Khusus nya Polres Karawang atas dedikasi kepada masyarakat telah melaksanakan kesiapan dan persiapan dalam rangka pelaksanaan Ops Ketupat Lodaya 2023 ini, semoga pelaksaan Operasi besar ini dapat berjalan dengan aman dan lancar. tandas Bupati.

SAT LANTAS POLRES KARAWANG

SAT LANTAS POLRES KARAWANG
OPERASI KETUPAT LODAYA

TerPopuler