Disnakertrans Kabupaten Karawang Sambut Positif Aksi Demo Damai GEPREK Dan Akan Memperjuangkan 500 Tenaga Kerja Karawang Non Biaya -->

Kategori Berita

Disnakertrans Kabupaten Karawang Sambut Positif Aksi Demo Damai GEPREK Dan Akan Memperjuangkan 500 Tenaga Kerja Karawang Non Biaya

Monday 19 June 2023, June 19, 2023

 


Karawang – Suara Kita News.com

Gerakan Remaja Pengangguran Karawang (GEPREK) di bantu Karang Taruna, melakukan aksi demo damai jilid II. Di halaman Kantor Dinastenagak Kerja Kabupaten Karawang. Senin (19/06/20234).

Kedatang Para pengangguran dalam aksi demo damai jilid II, meminta pihak Disnakertran Dapat memperkerjakan 500 calon tenaga kerja Non biaya atau ga pake duit. Bukan rahasia lagi calon tenaga kerja untuk dapat diterima bekerja harus bayar.

Aksi demo disambut oleh Kadisnaker Karawang Rosmaliah Dewi  dengan mempersilakan perwakilan peserta demo untuk mediasi dalam menyampaikan aspirasi dan tuntutan.

Kepala Disnakertrans menyambut baik aksi demo damai ini, dikatakannya dengan ada aksi demo merupakan vitamin buat saya untuk mengetahui keadaan terkait tenaga kerja di kabupaten karawang sehingga menjadi acuan untuk saya memperbaiki  internal disnakertrans.

Ketua Geprek Endang Macan Kumbang Mengatakan, Sehubungan calon tenaga kerja kabupaten karawang untuk dapat bekerja harus mengeluarkan biaya. hal ini yang membuat miris ketua Geprek,

“ Coba bu, ungkap Endang macan kumbang untuk dapat bekerja calon tenaga kerja harus mengeluarkan biaya. Bagaimana jika calon tenaga kerja tidak memiliki uang, sampai tua pun ga bisa berkerja.

Dalam memperjuangkan tenaga kerja yang tidak mampu, Ketua Geprek meminta Kadisnakertrans utuk dapat meperkejakan 500 tenaga kerja non biaya. Selain itu buat aturan perda yang kuat sehingga perusahaan perusahaan yang tidak mau mengikuti aturan dapat di tindak tegas.

Lanjut Ketua Geprek menegaskan, Dilingkup Disnakertras ada sejumlah oknum yang bermain dalam perekrutan tenaga kerja,sehingga system online tidak bisa berjalan baik. “contoh saya memasukan 10 orang calon tenaga kerja lewat info loker yang infonya dari kabid disnaker. Tapi alhamdulilah sampai saat ini belum ada satu pun calon tenaga kerja yang di panggil. Berdasarkan investigasi Geprek, info loker diterbitkan  akan tetapi calon tenaga kerjanya sudah di persiapkan .

Berdasarkan Keterangan di kabupaten karawang ada sekitar 1500 perusahaan. Tetapi perusahaan yang mengikuti info lokor hanya kurang lebih 300 perusahaan. Hal ini dikarenakan lemahnya Perda Karawang terhadap perusahaan di kabupaten Karawang.

Eigen Ketua Karang Taruna Karawang Barat yang mendukung aksi demo Geprek mengatakan, Dikabupaten karawang terkait permasalahan kenaga kerja dibutuhkan ketegasan dan peraturan yang kuat terhadap perusahaan perusahaan yang ada di kabupaten karawang.Selama ini perda Kabupaten karawang lemah, Pasalnya perusaan perusaah yang melanggar aturan hanya di kenakan tindak pidana ringan.   

Eigen merasa miris dengan keadaan tenaga Kerja Kabupaten Karawang yang selama ini untuk mendapatkan pekerjaan harus mengeluarkan biaya. Untuk itu dalam menyelesaikan permasalahan pengangguran di perlukan kerja sama antara semua lapisan baik dari Pemerintahan Daerah,  Aparatur Penegak Hukum,  Elemen Masyarakat, lembaga atau ormas, DPRD.  

Kepala disnakertras Rosmalia Dewi menanggapi  hasil asprasi dari mediasi dengan Perwakilan Geprek dan Karang Taruna. Dikatakan Kadisnaker, Pihaknya akan   medukung dan akan memperjuangkan 500 calon tenaga kerja karawang untuk dapar berkerja dalam waktu secepatnya  tanpa di pungut biaya.

Serta  pihak Disnakertrans akan mengundang pihak pihak tekait pada tanggal 05 Juli 2023 untuk bersama sama berdiskusi terkait permasalahan pengangguaran yang ada di Kabupaten Karawang. (Red)


TerPopuler