Ketua Geprek Dan Disnaker Meminta Perusahaan Di kabupaten Karawang Membuka Info Loker Di HUT Kabupaten Karawang -->

Kategori Berita

Ketua Geprek Dan Disnaker Meminta Perusahaan Di kabupaten Karawang Membuka Info Loker Di HUT Kabupaten Karawang

Tuesday 18 July 2023, July 18, 2023

 


Karawang Suara Kita News. Com. Dalam menghadiri undangan Disnakertrans terkait diskusi permasalahan pengangguran Kabupaten Karawang. Ketua Geprek Endang Macan kumbang berserta jajaran pengurus Geprek menghadiri acara diskusi terkait pemasalahan pengangguran kabupaten karawang. hadir dalam acara tersebut Kepala dinas tenaga kerja kabupaten karawang,  Asda 1 kabupaten Karawang, Apindo, Karang Taruna Kabupaten Karawang, Asosiasi HRD Karawang. Dan perwakilan PT. Bertempat di aula disnaker. Selasa (18/07/2023). 

dalam kesempatannya Kadisnaker Kabupaten Karawang memaparkan, menurut Disdikpora angka ketulusan siswa rata rata pertahun kurang lebih 30.000 siswa. sedangkan dikabupaten karawang jumlah perusahaan 1700 perusahaan. Untuk mengatasi permasalahan pengangguran di perlukan kerja sama antara disnaker, perusahaan dan masyarakat. 

Dalam diskusi Ketua geprek mempertanyakan, Sejauh mana negosiasi pihak disnaker dengan pihak perusahaan. menurut Endang Macan kumbang, perusahaan perusahaan di kabupaten karawang yang membuka info loker di Disnaker hanya kurang lebih 700 perusahaan.

Selain itu Ketua Geprek meminta rekrutmen tenaga kerja mengutamakan orang karawang. Mengingat angka pengangguran di kabupaten karawang  meningkat.

Asda 1 menaggapi pertanyaan ketua Geprek, untuk negosiasi dengan pihak peusahaan menjadi PR kita untuk dapat merangkul semua perusahaan yang ada di kabupaten karawang. karena dalam perekrutan tenaga kerja banyak oknum oknum yang bermain dan mempunyai kepentingan.

Kadisnaker Kabupaten Karawang Rosmalia menambahkan, dengan diadakan kegiatan diskusi bersama dengan HRD dan Apindo merupakan upaya Disnakertrans untuk bernegosiasi dengan pihak perusahaan. Untuk prekrutan tenaga kerja satu pintu di Disnaker, kami tidak memiliki aturan yang kuat, karena dalam  aturan omibuslow proses rekutnen tenaga kerja dapat dilakukan oleh BLK dan outsourching.

Kadisnaker Kabupaten Karawang meminta perusahaan untuk membuka loker yang sebesar besarnya di hari jadi Kabupaten Karawang, dengan memprioritaskan pengangguran Karawang.

Ketua Karang Taruna Kabupaten Karawang akrab di panggil Ceong mengatakan, Info loker belum efektif, karena masih banyak masyarakat yang berada di pelosok tidak mengetahui info loker, karena sulitnya jaringan komunikasi. untuk itu disnaker perlu mengadakan sosialisasi ke desa desa agar masyarakat yang berada dipelosok mengetahui adanya info loker. 

Selain itu bagi perusahaan yang membangun pabrik di lingkungan, hendaknya mengutamakan tenaga kerja dari lingkungan dengan membuat MOU dengan kepala desa.

Akhir acara Ketua Geprek Endang Macan kumbang  saat diwawancara awak media mengatakan." hari ini kita di undang Kadisnaker Karawang dengan dihadiri Asda 1, Polres Karawang yang di wakili, Dandim yang diwakili, Rekan rekan Karang taruna Kecamatan maupun Kabupaten, alhamdulilah kita dalam satu presepsi, satu tujuan,satu petisi untuk memperjuangkan pengangguran yang ada di kabupaten karawang khususnya orang Karawang untuk bisa berkerja di perusahaan." Ungkapnya.

Menurut Endang macan Kumbang persentase angka pengangguran terbuka di Kabupaten karawang berkisar diangka 200.000. Dan ini merupakan tugas kita yang peduli terhadap  masalah pengangguran, dimana kabupaten karawang merupakan kota industri terbesar ke 2 di Asia dan masalah pengangguran diatas 10% . ini merupakan suatu program kerja yang benar benar berat oleh Kadisnaker, untuk Apindo, Kadin dan untuk rekan rekan yang peduli terhadap pengangguran. Bagai mana Caranya angka pengangguran dalam waktu singkat minimal  dapat berkurang.

dikatakannya, Kita malu jika karawang dalam katagori miskin Ekstrim, sedangkan di kabupaten karawang kita memiliki perusahaan yang begitu banyak. Jika menurut logika, semestinya masalah pengangguran karawang dapat diatasi dengan kebijakan, dengan satu jalan, satu pemikiran dan ide, antara pemerintah kabupaten Karawang yang diwakili dinas tenaga kerja berserta Apindo, dan forum HRD. 

Ketua Geprek menegaskan," kami (Geprek) meminta dan memohon kerjasama dari Disnaker dengan Pihak Apindo dan pihak perusahaan untuk membuka lowongan kerja tidak hanya tes saja, tapi bisa berkerja. Kami akan menerima  Katagori penerimanan tenaga kerja di perusahaan baik itu untuk tenaga kerja magang maupun Kontrak perusahaan. Tapi Minimal orang Karawang 

Kalaupun tenaga kerja yang diminta oleh perusahaan orang yang memiliki skill, kami tidak memaksa. Tapi di usahakan orang karawang yang memiliki Skill dapat di perkerjakan. 

Mengingat orang Karawang yang memiliki kedudukan di perusahaan minim sekali. untuk itu harus kita dorong agar orang Karawang yang  memiliki potensi mendapat kedudukan di sebuah perusahaan. Sehingga dapat memiliki kepedulian terhadap orang orang Karawang.

Inti dari pertemuan ini, kami (Geprek), Karang Taruna dan Disnakertean, meminta kesepakatan kepada perusahaan perusahaaan yang ada di kabupaten Karawang. untuk membuka info loker yang sebesar besarnya  pada saat HUT Kabupaten Karawang.

 


TerPopuler