Personil Polsek Cimaya Giat PAM Pesta Laut Sebagai Bentuk Rasa Sukur Masyarakat -->

Kategori Berita

Personil Polsek Cimaya Giat PAM Pesta Laut Sebagai Bentuk Rasa Sukur Masyarakat

Saturday 21 October 2023, October 21, 2023



Suara Kita News.com. Polres Karawang Polda Jabar. Tradisi masyarakat di Cilamaya dalam mengucapkan sukur atas hasil laut di gelar dengan acara pesta laut. Rangkaian acara perta laut dilaksanakan dengan larung Kepala Kerbau. acara Dihadiri  Sri agustin Anggota DPRD Propinsi Jabar, Setia septiadi Kepala Dinas Perikanan Kab Katawang, Camat Kec Cilamaya kulon di wakilkan H. Nurdin, Kapolsek Cilamaya, Danramil Cilamaya, Kepala Desa Sukajaya, Tokoh Masyarakat Sehabudin Ag, Tokoh Adat,Tokoh Agama,Tokoh Pemuda. bertempat di  Dusun Pasir putih Desa Sukajaya  Kec Cilamaya kulon di wilayah hukum Polsek Cilamaya. Minggu (22/10/2023)

Monitoring dan pengamanan giat pesta laut ( Nadran luat)  Dsn Pasir putih Desa Sukajaya  Kec Cilamaya kulon di wilayah hukum Polsek Cilamaya. melibatkan  8 personil Polsek Cilamaya, 2 personil Koramil Cilamaya, 5 personil Pol Pp Kec Cilamaya kulon, 4 personil Dishub Kab Karawangdan  Aparatur Desa Sukajaya. 

rute Pawai yang diselenggarakan Star dari TPI Tengkolak  Desa Sukakerta melalui jalan rawagempol wetan dan kulon menuju kantor kecamatan cilamaya wetan kembali  ke Tengkolak.   Polsek Majalaya Melaksanakan Pengamanan pawai yang dilaksanakan masyarakat.Kamis (22/06/2023)

Kapolres Karawang AKBP Wirdhanto Hadicaksono melalui Kapolsek Cilamaya kompol A Abdul Kodir, dalam keterangannya  mengatakan, Kami beserta Personil Cilamaya Melaksanakan Pengamanan kegiatan masyarakat dalam merayakan Pesta Laut. 

Kapolsek mengatakan  Sejauh ini acara  kondusif, Kami memastikan kegiatan Pesta Laut dapat  berjalan aman. Kita terjunkan anggota demi melakukan pengamanan dalam acara tersebut,ungkapnya.

personil menjaga keamanan dalam kegiatan Pesta Laut guna memberikan rasa aman dan mengantisipasi hal hal yang tidak di linginkan.

Kapolsek mengatakan acara tersebut sebagai bentuk tasyakuan atau rasa bersyukur atas limpahan rahmat kepada  tuhan yang maha esa. Mempertahankan Tradisi ruat Laut yang selama ratusan tahun sudah menjadi adat istiadat masyarakat nelayan  Desa Sukajaya Kecamatan Cilamaya kulon Kabupaten Karawang.

Acara bertujuan untuk Meninggalkan kesadaran masyarakat untuk tetap menjaga dan melestarikan budaya kearifan lokal yang ada. Memperkenalkan Kebudayaan nadran laut kepada Masyarakat luar, sekaligus menjadi ajang promosi pariwisata dan produk perikanan yang ada di TPI Pasirputih Desa Sukajaya. Menjadi ajang silaturahmi antara masyarakat nelayan dengan Pemerintah, Tokoh masyarakat, maupun pihak-pihak lain.

Giat acara inti  nadran yaitu Larung Kepala kerbau di tengah laut oleh warga nelayan dengan menggunakan perahu di iringi nelayan di perkirakan kurang lebih sebanyak 500 unit perahu nelayan.

Kami berupaya dalam memberikan keamanan dan kenyamanan kepada peserta Pawai yang hadir , agar dapat berjalan dengan aman lantar dan kondusif.



TerPopuler