Musim Kering Masyarakat Lima Desa Meminta Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang Untuk Bantuan Air Bersih -->

Kategori Berita

Musim Kering Masyarakat Lima Desa Meminta Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang Untuk Bantuan Air Bersih

Thursday 2 November 2023, November 02, 2023

 


Suara Kita News.com -Kekeringan adalah salah satu bencana alam yang terjadi secara perlahan (slow onset disaster) berlangsung lama hingga musim hujan tiba dan berdampak luas. Pada saat kekeringan ketersediaan air pada suatu wilayah ada dibawah kebutuhan air secara umum, baik untuk kebutuhan hidup, kegiatan ekonomi, peternakan, pertanian, dan ketahanan lingkungan sekitar. Kekeringan merupakan suatu peristiwa anomali kondisi cuaca yang menyebabkan berkurangnya curah hujan sehingga mengakibatkan ketidaksimbangan ketersediaan air. 

Musim kemarau adalah periode yang sering ditandai dengan cuaca panas dan kering yang ekstrem. Selain meningkatkan risiko kebakaran hutan dan lahan, musim kemarau juga mengancam pasokan air bersih, pertanian, dan ekosistem alam.

Akibat musim kemarau panjang kekeringan dan sulitnya mendapat air bersih melanda di desa Cinta Wargi, Tegal Waru,warga Setra, mekar Buana, dan cinta langgeng Di kabupaten karawang.Kamis (02/11/2023)

Ustad Hasan Nawawi warga desa Cinta Wargi mengatakan, untuk musim kemarau saat ini masyarakat  kesulitan mendapat air bersih, sehingga banyak masyarakat dari desa lain mengambil air dari mata air kehuripan desa Cinta Wargi.

Dikatakannya, untuk memenuhi kebutuhan air, setiap hari Masyarakat  mengantri untuk mendapatkan air dari mata air kehuripan hingga malam hari.

Diakui Ustad Hasan Nawawi memang ada bantuan dari pemerintah atau Dewan yang mengirim pasokan air bersih, tetapi pasokan air tersebut tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan air di masyarakat.

Ustad Hasan berharap, pemerintah daerah atau instansi terkait, dapat membantu masyarakat dengan mengirimkan pasokan air bersih yang cukup dan  dapat memenuhi kebutuhan air bersih di lima desa. "Pangkasnya. (Red/Her)




TerPopuler