Bupati Karawang Buka Grand Final Lomba Bercerita 2024 -->

Kategori Berita

Bupati Karawang Buka Grand Final Lomba Bercerita 2024

Sunday 10 March 2024, March 10, 2024

 


 Bupati Karawang H. Aep Syaepuloh membuka acara Grand Final Lomba Bercerita Tingkat SD/MI Kelas 4-5 Se-Kabupaten Karawang Tahun 2024 yang dilaksanakan di Aula Husni Hamid Komplek Pemda Karawang pada Kamis (7/3/2024).

Bupati dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan lomba tersebut untuk menumbuhkembangkan kegemaran membaca di tingkat sekolah dasar. Tidak hanya itu, hal ini pun bertujuan untuk melestarikan aneka budaya daerah serta mengangkat dan mempopulerkan buku cerita budaya daerah yang ada di Indonesia.

“Saya merasa bangga melihat anak-anak yang sudah masuk grand final. Tentunya ini mungkin bisa menjadi motivasi tersendiri khususnya kepada bapak atau ibu kepala sekolah, guru-guru sehingga bisa mengatarkan anak didiknya untuk ikut lomba,” ujarnya.

Karena perlu diketahui bersama, ungkap Bupati Aep, dewasa ini pesatnya perkembangan tekhnologi meniscayakan kita belajar bukan hanya dari buku, tapi dari bentuk dan metoda yang lain. Sehingga perkembangan siswa-siswi terus diuji mulai dari perilaku, hingga mengenal budaya disekitarnya yang disampaikan melalui bercerita anak.

“Harapannya semangat dan upaya meningkatkan literasi, minat membaca bagi masyarakat dapat dirasakan secara nyata di lomba bercerita ini. Saya mengharapkan juga adik-adik bisa sukses di masa depan nanti, siapa tahu adik-adik ada yang jadi bupati, jadi gubernur, jadi direktur, pengusaha dan lain-lain, InsyaAllah ketika kita ada keinginan pasti ada harapan yang bisa untuk digapai,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan (Disarsipperpus) Kabupaten Karawang Yasin Nasrudin mengatakan, final Lomba bercerita rakyat ini selain menambah pengalaman siswa-siswi SD atau MI. Kegiatan lomba ini pun meningkatkan gemar membaca, sejauh mana siswa-siswi gemar membaca baik cerita lokal dan cerita umum.

“Lomba ini diikuti oleh 30 peserta se-Kabupaten Karawang, setelah Grand Final ini, hasil lomba tingkat Kabupaten Karawang ini, pemenang juara 1 kita ikut sertakan lomba bercerita tingkat provinsi dan pemenang lainnya akan diberikan trofi dan uang pembinaan,” ucapnya.


TerPopuler