Pembangunan turap desa Pasirmukti kecamatanTelagasari siluman -->

Kategori Berita

Pembangunan turap desa Pasirmukti kecamatanTelagasari siluman

Friday 29 March 2024, March 29, 2024



Karawang, suarakita news.com


       Proyek Turap di desa Pasirmukti diduga dari anggaran Dana Desa Tanpa Ada Papan Informasi, diantaranya, Lumbung padi, pengerasan jalan pinggir desa penurapan drainase di wilayah Desa Pasirmukti Kecamatan Telagasari Kabupaten Karawang Jawa Barat, diduga Tidak Sesuai Spesifikasi, tabrak UU KIP, serta oknum Pemdes Lakukan siasat licik.


Sesuai dengan undang-undang penggunaan dana desa (Dd), setiap pembanguna desa  harus ada transparansi informasi publik secara terbuka. Namun, masih dijumpai Desa yang tidak mematuhi dan melaksanakan ketentuan itu, tidak menginformasikan keterbukaan soal penggunaanya. 



Hasil Investigasi  awak media suarakita news.com, keterangan dari  salah satu pekerja bangunan turap Dusun Krajan  Rt04/01 mengatakan," saya bekerja baru empat hari melanjutkan pekerjaan yang sudah berjalan,"ucapnya. 

Pekerjaan tersebut di duga asal jadi, karena  sebagian penurapan yang di kerjakan  tabrak UU KIP,  dan tanpa pengawasan dari Dinas terkait. 


Untuk kelengkapan informasi awak media mencoban menghubungi   Sekdes Desa Pasirmukti melalui WhatsApp, dengan jawaban singkat Sekdes mengatakan," 

🙏🏻🙏🏻 kedap pak abdi na nuju di jalan lagi ngurusin tanah sama bank BTN. Coba bapak konfirmasi dl ke pak Lurah pak," ujar nya.  Tapi saat awak media minta no kontak kades Pasirmukti, Sekdes diam. Rabu 27/03/24


Sesuai amanah Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Nomor 14 Tahun 2008 dan Perpres Nomor 54 Tahun 2010 dan Nomor 70 Tahun 2012, dimana mengatur setiap bangunan fisik yang dibiayai oleh Negara wajib memasang papan nama proyek. 



Proyek yang dikerjakan tanpa memasang papan nama diduga sebagai trik untuk membohongi masyarakat agar tidak termonitoring besar anggaran dan sumber anggarannya. 


Harusnya Dinas terkait seperti BPD, PMD, DPMD serta  Leading Sector yang kompeten di dalamnya, tidak melakukan pembiaran akan hal tersebut dan terkesan lemah dalam pengawasan. 


Diduga oknum Pemdes Pasirmukti lakukan tindak korupsi, dengan salah satunya pembangunan Turap Drainase dan Jaling yang tidak memasang papan informasi sehinggga publik tidak mengetahui sumber dan besaran anggaran.


Hingga berita ini terpublikasi Kades Pasirmukti belum bisa di temui untuk konfirmasi terkait beberapa pembangunan yang sedang di realisasi.

(Tim)

SAT LANTAS POLRES KARAWANG

SAT LANTAS POLRES KARAWANG
OPERASI KETUPAT LODAYA

TerPopuler