Binojakrama Wayang Golek, Bupati: Apresiasi Pemda Terhadap Dalang se-Kabupaten Karawang -->

Kategori Berita

Binojakrama Wayang Golek, Bupati: Apresiasi Pemda Terhadap Dalang se-Kabupaten Karawang

Thursday 16 May 2024, May 16, 2024

 


Karawang,- Bupati Karawang H. Aep Syaepuloh membuka kegiatan Binojakrama Wayang Golek Tingkat Kabupaten Karawang yang mengangkat tema Ngamumule Seni Wayang Golek Sangkan Dipikawanoh Ku Masyarakat, dilaksanakan di Lapang Karangpawitan, Rabu (15/5/24) malam.


Binojakrama Wayang Golek berlangsung selama dua hari yaitu 15-16 Mei 2024  bertujuan sebagai ajang pentas para dalang tingkat Kabupaten Karawang. Kegiatan ini juga merupakan agenda tahunan bagi organisasi Pedalangan Indonesia Tingkat Kabupaten Karawang.

Atas nama pemerintah daerah kabupaten, Bupati Karawang menyampaikan apresiasinya terhadap para seniman dan budayawan termasuk para dalang di Kabupaten Karawang yang terus mempertahankan eksistensinya.

Ia juga mengatakan, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan merupakan tempat untuk mempersatukan para seniman dan budayawan yang ada di Kabupaten Karawang.

"Kesenian di Karawang ini luar biasa dan budayawan juga luar biasa, Disparbud ini bertugas untuk menyatukan, menjadi tempat untuk para budayawan yang ada di Kabupaten Karawang," ujarnya.

Sebagai bentuk apresiasi, ia menyebutkan bahwa pemerintah berkomitmen untuk memberikan penghargaan setiap tahunnya kepada para seniman dan budayawan di Kabupaten Karawang dan berharap dengan adanya kegiatan Binojakrama Wayang Golek memberikan semangat dan meningkatkan kepercayaan diri untuk para dalang kedepannya.

"Alhamdulillah pada tahun 2022 terdapat 20 penghargaan kepada seniman dan budayawan di Kabupaten Karawang, tahun 2023 meningkat menjadi 50 penghargaan dan insyaallah tahun 2024 rencananya akan 100 penghargaan kepada para seniman dan budayawan Karawang," ujarnya.

Sebagai informasi, Kabupaten Karawang memiliki 107 Dalang mulai dari dalang anak/bocah hingga dewasa, 27 juru kawih dan 293 Nayaga khusus wayang golek. (Diskominfo)

TerPopuler